Psikologi Agama

PSIKOLOGI AGAMA

A. Pengertian Psikologi Agama
Psikologi secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia yang normal, dewasa dan beradap, sedangkan agama menurut Hanun Nasution berdasarkan asal kata yaitu Al-Din, Religi dan agama. Al-Din berarti undang-undang atau hukum religi berarti mengumpulkan dan membaca. Adapun kata agama terdiri dari ca=tidak, gam,=pergi. Mengandung arti tidak pergi, tetapi ditempat atau di warisi turun temurun.


Menurut Prof. Dr Zakariah deradjat psikologi agama yaitu meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari beberapa besar pengaruh keyakinan agama itu dalam sikap dan tingkah laku orang atau yang bekerja dalam diri seseorang, karena cara seseorang berpikir, bersikap, bereaksi dan bertingah laku tidak dapat dipisahkan dari keyakinannya.

B. Ruang Lingkup Psikologi Agama
Ruang lingkup menurut Zakiah Daradjat adalah:
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca Psikologi Agama ini, dengan harapan semoga artikel Psikologi Agama ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Psikologi Agama terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Psikologi Agama » Makalah

No comments: