PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK

MAKALAH
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Pengantar
Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya menapakan suatu nilai sehingga merupakan sumber dari segala penjabaran norma baik norma hukum, norma moral maupun norma kenegaraan iainnya. Adapun nilai-nilai tersebut akan dijabarkan dalam suatu norma-norma yang jelas sehingga merupakan suatu pedoman. Norma-norma tersebut meliputi (1) norma moral yaitu yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut baik maupun yang buruk. (2) Norma hukum yaitu suatu sistem peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Jadi sila-sila Pancasila pada hakikatnya bukanlah merupakan suatu pedoman yang langsung bersifat normatif ataupun praksis melainkan merupakan sumber orma baik meliputi norma-norma maupun norma-norma hukum, yang pada gilirannya harus dijabarkan lebih lanjut dalam norma-norma etika, moral maupun norma hukum dalam kehidupan kenegaraan maupun kebangsaan.

PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Etika
Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu, atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan berbgai ajaran moral, etika termasuk kelompok filsafat praktis dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu etika umum dan etika khusus etika merupakan suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan-pandangan moral suatu pemikiran kritis dan mendasar tentang ajaran-ajaran dan pandangan-pandangan moral.
Etika umum adalah mempertanyakan prinsi-prinsip yang berlaku bagi setiap tindakan manusia, etika khsus adalah membahas prinsip-prinsip itu dalam hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Etika khusus dibagi menjadi etika individual yang membahas kewajiban manusia terhadap diri sendiri dan etika sosial yang membahas tentang kewajiban manusia terhadap manusia lain dalam hidup masyarakat yang merupakan suatu bagian terbesar dari etika khusus.
Etika berkaitan dengan berbagai masalah nilai karena etika pada pokokoknya membicarakan masalah-masalah yang berkaitan dengan predikat nilai “Susila” dan “tidak susila” “baik” dan “buruk” sebagai bahasan khusus etika membicarakan sifat-sifat yang menyebabkan orang
silahkan download disini
Terima kasih atas waktunya untuk membaca PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK ini, dengan harapan semoga artikel PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK » Makalah ,Makalah pendidikan

No comments: