TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR

TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR


BAB I
PENDAHULUAN

l.l Latar Balakang Masalah

Guru adalah salah satu factor yang harus ada dalam pelaksanaan pendidikan. Guru sangat berpengaruh dalam pencapaian pendidikan.
Tugas dan peran guru tidaklah terbatas di dalam masyarakat, bahkan guru pada hakikatnya merupakan komponen strategis yang memilih peran yang penting dalam menentukan gerak maju kehidupan bangsa. Bahkan keberadaan guru merupakan faktor condisio sine quanom yang tidak mungkin digantikan oleh komponen mana pun dalam kehidupan bangsa sejak dulu, terlebih-lebih pada era computer ini.


2.1 Tugas Guru dalam Proses Belajar Mengajar

Guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat oleh dinas maupun di luar dinas, dalam bentuk pengabdian. Apabila kita kelompokkan terdapat tiga jenis tugas guru, yakni tugas dalam bidang profesi tugas kemanusiaan, dan tugas dalam bidang kemasyarakatan.
Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Jenis pekerjaan ini tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan walaupun kenyataannya masih dilakukan orang di luar kependidikan. Itulah sebabnya profesi ini paling mudah terkena pencemaran.
Secara makro tugas guru berhubungan dengan pengembangan sumber daya menusia yang pada akhirnya akan paling menentukan kelestarian dan kejayaan hidup bangsa. Dengan perkataan lain dapat dikatakan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan guru mempunyai tugas membangun fondamen-fondaman dikemudian hari.
Sabri 92007:67) mengemukakan bahwa ”tugas guru dalam proses belajar mengajar meliputi tugas paedagogis dan tugas administrasi. Tugas paedagogis adalah tugas membantu membimbing dan memimpin”
DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR ini, dengan harapan semoga artikel TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PRSES BELAJAR-MENGAJAR » Makalah

No comments: