DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG

DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG

Demokrasi bukanlah konsep yang statis, tetapi secara historis berevolusi. Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa Yunani, `demos' dan `kratos' yang berarti `pemerintahan oleh rakyat'. Tetapi, di kalangan ilmuwan politik, tidak terdapat konsensus tentang makna demokrasi ittx.

Sebagaimana dicatat oleh David Collier dan Steven Levitsky (1997), terdapat 550 sub-tipe demokrasi dari 150 studi mengenai demokrasi yang ada. Bahkan, para elite di negara-negara yang tergolong totaliter dan otoriter pun pernah mengklaim bahwa pemerintahannya tergolong demokratis karena negara diimpikan terkonstruksi untuk rakyat.
Meskipun demikian, sebagaimana diakui oleh Arend Lijphart (1999:48), dari beragam pandangan mengenai demokrasi itu, pendapat Robert Dahl (1971:2) mengenai delapan criteria mengehai demokrasi memperoleh dukungan yang cukup luas dan sering menjadi rujukan para ilmuwan ketika berbicara mengenai demokrasi.
DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG ini, dengan harapan semoga artikel DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : DEMOKRASI DAN PILKADA SECARA LANGSUNG » Makalah

No comments: