MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN

MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN
Ada berbagai masalah dalam dunia pendidikan kita yang belum teratasi. Beberapa masalah tersebut antara lain kinerja yang tidak pas dengan tujuan umum pendidikan nasional, produk pendidikan yang belum siap pakai atau tidak sesuai dengan ketersediaan lapangan kerja, rangking pendidikan kita di mata dunia yang setara dengan negara-negara miskin atau baru merdeka, dll. Dalam situasi seperti itu telah bergulir pula gelombang reformasi yang menghendaki adanya perubahan. Dengan kata lain, dalam menyongsong berbagai kecenderungan yang aktual tidak ada alternatif lain selain perlu penataan kembali terhadap dunia pendidikan mulai dari filsafat/tujuan pendidikan sampai ke manajemen pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, substansi pengajaran, pendanaan pendidikan.


2.1 Problema-problema dan Solusi Inovasi Pendidikan
Persoalan-persoalan inovasi dalam kehidupan organisasi tidak terlepas dari empat macam faktor, yaitu (a) inovator yang disebut sebagai agen pembawa perubahan, (b) inovasi itu sendiri, (c) orang atau lembaga yang mengadopsi inovasi, dan (d) proses inovasi itu sendiri yang membutuhkan waktu banyak1.
Di lingkungan kehidupan organisasi, keinovasian dapat dilihat dari tiga sisi yaitu, (a) pimpinan dan individu-individu tertentu sebagai inovator, (b) karakteristik internal dari struktur organisasi, dan (c) karakteristik eksternal organisasi.
Berdasarkan gambaran di atas ditunjukkan bahwa dari sudut individu, jika yang menjadi inovator adalah unsur pimpinan (top leader), maka organisasi akan menjadi diuntungkan. Demikian pula dari sudut karakteristik internal (struktur organisasi) dan eksternal organisasi memberikan pengaruh yang cukup positif terhadap muculnya inovasi di tubuh organisasi. Adapun tanda-tanda positif dan negatif seperti terlihat dalam kurung, menunjukkan bahwa dijumpai sejumlah variabel yang kondusif dan tidak kondusif dalam melahirkan inovator atau inovasi di dalam tubuh organisasi.

Dari gambaran di atas dapat dikemukan upaya-upaya pemencahan organisasi dari sudut inovator atau inovasi adalah:
1)Mencari dan menempatkan individu yang berkarakter inovator sebagai pimpinan organisasi, baik pada level atas maupun bawah. Mereka yang memiliki tipe inilah yang sesungguhnya perlu dipromosikan sebagai agen-agen pembawa pertibxhan pada kehidupan organisasi.

Silahkan Download MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN

Terima kasih atas waktunya untuk membaca MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN ini, dengan harapan semoga artikel MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : MAKALAH PROBLEMA-PROBLEMA INOVASI PENDIDIKAN » Makalah

No comments: