Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajar

Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar
Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajaran Ekonomi

1.1. Latar Belakang
Menurut Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal (1) pendidikan adalah : “ usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.


2 .1. Pengertian Belajar
Menurut Oemar Hamalik (2008:36) belajar adalah merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari pada itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan, melainkan perubahan kelakuan.
Menurut Suciati dan Irawan (2001:29) belajar adalah perubahan tingkah laku. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu bila ia mampu meunjukkan perubahan tingkah laku. Sedangkan Irawan (2001:36) mengartikan belajar sebagai berikut: belajar adalah suatu proses perubahan dari yang belum mampu menjadi sudah mampu, yang terjadi dalam jangka bersifat relatif.
Menurut Nana Sudjana dalam Tarmizi (2008) mengemukakan bahwa :”Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang melalui proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu.”
Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lainnya . Juga belajar itu akan lebih baik, kalau si subyek belajar itu mengalami atau melakukanya, jadi bersifat verbalistik. Dalam peangertian luas, belajar dapat diartikan sebagai kegiatan psiko-fisik menuju perkembangan pribadi seutuhnya. Dalam arti sempit, belajar dimaksudkan sebagai usaha penguasaan ilmu pengetahuan yang merupakan kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya (Sardiman, 2005:20).

Dari beberapa pengertian belajar yang dikemukakan diatas, secara umum dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingah laku melalui pendidikan dan latihan. Perubahan yang dimaksud dapat terjadi di dalam
DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajar ini, dengan harapan semoga artikel Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajar ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajar terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Perbedaan Hasil belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Kelompok Biasa Mata Pelajar » Makalah

No comments: