PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA

Makalah
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN
TENAGA KERJA WANITA KONVEKSI
SE-KOTA JAMBI



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Partisipasi kaum wanita dalam berbagai kegiatan ekonomi telah meningkatkan secara berarti ada semua sektor, terutama dikalangan wanita pekerja muda hal ini terlihat dari banyaknya pekerja wanita yang menduduki jabatan penting tertentu dan masyarakat juga sudah menerima kehadiran wanita dalam lapangan kerja di semua sektor (Budiman, 1988).
Sehubungan dengan hal tersebut menurut Mulyono (1985) dewasa ini wanita di berbagai negara sedikit banyak mempunyai hak untuk memutuskan apa yang hendak dilakukan dalam hidupnya, apakah ia mau berfikir menjadi ibu rumah tangga saja, mengasuh dan membesarkan anaknya dan lain sebagainya.peranan wanita dalam pembangunan sangatlah penting, terutama dalam keluarga yang bekerja di konveksi.
Peranan wanita lebih kompleks dibandingkan dengan laki-laki atau suami, oleh sebab itu partisipasi kerja wanita yang rendah dalam angkatan kerja dibandingkan dengan laki-laki adalah karena secara kodrat wanita mempunyai peran ganda dalam kehidupannya. Peran ganda pertama meliputi, tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab dalam rumah tanggungan seperti: melahirkan, menyusui, memasak serta menjaga anak sewaktu kecil, peran ganda kedua mengangkut pekerjaan yang ada di luar rumah tangganya. Keadaan ini berbeda dengan laki-laki yang umumnya hanya mempunyai kewajiban untuk menghidupi dan

melindungi keluarganya, sehingga bekerja di luar rumah untuk mencari penghasilan merupakan salah satu tujuan dari kehidupannya.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peran ganda kedua atau partisipasi kerja wanita dalam angkatan kerja, tentunya terlebih dahulu harus diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi angkatan kerja wanita. Faktor tersebut adalah salah satunya pendidikan.

lebih lengkap download disini
Terima kasih atas waktunya untuk membaca PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA ini, dengan harapan semoga artikel PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA WANITA » Makalah pendidikan

No comments: