PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN

PROPOSAL SKRIPSI

PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN DARUL IKHWAN DESA DANAU EMBAT KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI JAMBI

1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan oleh manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai - nilai yang ada di dalam masyarakat. Hal ini berarti untuk mengembangkan kepribadian yang dimiliki oleh manusia yang dilakukan melalui proses pendidikan.
Upaya untuk meningkatkan kualitas manusia yang beriman dan bertaqwa adalah salah satunya yang dapat dicapai melalui pendidikan baik berupa pendidikan formal maupun non formal dan salah satu bidang sasarannya ialah dengan cara membekali murid dengan pengajaran pendidikan agama Islam. Pendidikan sangat penting dalam usaha meningkatkan derajat kehidupan warga dan negara baik pendidikan umum atau pendidikan agama untuk berusaha membangun manusia Indonesia seutuhnya, menuju kesejahteraan lahir dan batin, baik pribadi maupun masyarakat.


Taman Pendidikan Al-Qur'an merupakan salah satu lembaga pendidikan di masyarakat. Adapun tujuan dari Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) adalah untuk mendidik anak-anak agar mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, mengerjakan shalat serta memiliki akhlak yang mulia. Sedangkan statusnya adalah merupakan lembaga pendidikan Islam swasta dibawah bimbingan dan pengawasan Departemen Agama.
Dalam rangka untuk memberikan pendidikan dasar agama pada anak-anak salah satu usaha yang ditempuh oleh orang tua murid adalah berusaha bagaimana penyediaan sarana dan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan pendidikan anak-anaknya di luar sekolah.
Kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan agama bagi anak-anak terlihat dari bagaimana orang tua memberikan pendidikan agama kepada anaknya. Usaha memberikan pelayanan pendidikan agama bagi anak-anak disamping untuk mengembangkan diri individu juga dalam rangka pembangunan bangsa dan Negara serta kemajuan agama. Penyediaan sarana dan fasilitas yang dapat menunjang pendidikan anak akan lebih berarti apabila diikuti pesan serta orang tua murid.
Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Jami'atul Islamiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan islam yang mengkhususkan diri dibidang Al-Qur'an dalam setiap kegiatannya tidak luput dari bantuan orang tua murid, baik bantuan moril maupun materil. Keikutsertaan orang tua murid dalam kegiatan pendidikan anak- anaknya akan memajukan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Jami'atul Islamiyah.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas, maka penulis merasa tertarik untuk mengangkat masalah yang berkenaan dengan peran serta orang tua murid didalam memajukan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Jami'atul Islamiyah. Melalui penelitian masalah ini guna untuk mewujudkan menjadi sebuah skripsi dengan judul : “PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN DARUL IKHWAN DESA DANAU EMBAT KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI JAMBI”
Lengkapnya DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN ini, dengan harapan semoga artikel PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : PERAN SERTA ORANG TUA MURID DALAM MEMAJUKAN TAMAN PENDIDIKAN » Makalah pendidikan

No comments: