KIAT MENULIS

I. KEMAMPUAN DASAR MENULIS


1. Pengertian Menulis
Menulis berarti berkomunikasi. Menulis dapat dipahami sebagai "keseluruhan angkaian keg,iatan seseorang mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui, bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami tepat seperti dimaksudkan oleh pengarang" (defenisi Akademik Kepengarangan, dalam Widyamartaya, 1990).
Menulis merupakan kegiatan yang kompleks. Di, dalamnya ada tiga hal yang terintegrasi dalam suatu sistem, yaitu: zat (substance), siasat (strategy), dan gaya (style).


Zat atau substansi kegiatan menulis adalah unsur-unsur atau bagian-bagian integral atau bahan-baftan pembentuk karangan. Bahan-bahan tersebut adaiah gagasan, penuturan, tatanan, dan bahasa.
Gagasan adalah pesan dalam dunia batin seseorang yang hendak disampaikan kepada orang lain. Gagasan itu dapat berupa pengetahuan, pengamatan, pendapat, renungan, pendirian, keinginan, perasaan (emosi), dan sebagainya.
Ada empat bentuk utama penyampaian gagasan, yaitu: penceritaan (narasi), pelukisan (deskripsi), pemaparan (eksposisi); dan pembahasan (argumentasi).
Asas adalah semacam dalil yang dinyatakan dalam peristilahan umum tanpa menyarankan suatu. cara tertentu untuk pelaksanaannya. Contohnya: kejelasan keri kasan, dan ketepatan.
Aturan adalah suatu ketentuan (berupa perintah atau larangan) yang merupakan pedoman dalam pelaksanaan suatu kegiatan.
Teknik adalah suatu cara yang dianggap tepat untuk,mengerjakan suatu aturan.


2. Sikap Seorang Penulis
Setiap orang yang tidak buta aksara dan tidak buta pengetahuan tentu dapat menulis. Memang ada pendapat yang mengatakan bahwa menulis itu memerlukan, bakat sebagaimana bakat yang dipunyai oleh seorang pelukis.
Pelajaran pertama bagi seorang yang hendak berhasil dalam bidang penulisan ialah membaca. Membaca buku yang baik sebanyaknya ya an buku-buku yang ditulis oleh pengarang terkenal, banyak bahan yang dapat dipelajari. Kita dapat juga belajar daii kegagalan-kegagalan mereka. Seorang filosof Yunani, yang bernama Aristoteles, mengatakan bahwa “meniru adalah awal dari sebuah seni.”
LEBIH LENGKAPNYA KLIK DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca KIAT MENULIS ini, dengan harapan semoga artikel KIAT MENULIS ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel KIAT MENULIS terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : KIAT MENULIS » Makalah

No comments: