Al-Azhar

PEMBAHASAN

A.Al-Azhar (Masjid/Sekolah)
Sejarah pendidikan Islam amat erat pertaliannya dengan masjid karena itu bila kita membicarakan mesjid adalah berarti bahwa kita membicarakan suatu tempat yang dipandang sebagai tempat belajar ilmu pengetahuan kebudayaan Silam.

Keadaan mesjid-mesjid di Mesir bpun tidak jauh berbeda dengan di Bagdad itu, hanya kelihatannya masjid-masjid dJami’ di Mesir tidak kunjung tersiar masjid Djami’ Amru Ibnul Ash yang sampai sekarang masih memakai nama Amrul as itu.
Pada tahun 360 H Djauhar Ash Shiqilli mendirikan Djami’ Al-Azhar, akan tetapi pada tahun 378 beliau menentukan Djami’ Azhar ini khusus untuk tempat memberikan pelajaran dan penuelidikan ilmiah. Sebab itu mulai tahun tersebut sampai dewasa ini Al-Azhar telah menjadi satu universitas yang terpenting di antara universitas yang berada di alam Islami.
1)Djami’ Al-Manshur
Oleh Al,amshur dilengkapkanlah persediaan-persediaan untuk mendirikan ibu kota yang baru bagi alam Islami pada tahun 145 H diletakkan batu yang pertama untuk membangun kota Bagdad yang dihiasi dengan Qasr Adz Dzahad (Istana kentjana) dan Jami Al-Mansur.
download disini
Terima kasih atas waktunya untuk membaca Al-Azhar ini, dengan harapan semoga artikel Al-Azhar ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Al-Azhar terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Al-Azhar » Makalah

No comments: