PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM

makalah
makalah
ILMU PENDIDIKAN ISLAM

A. PENGERTIAN PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM
1. Pendiddikan Agama Islam adalah Subyek bidang studi yang dipelajari oleh pebelajar yang beragama Islam dalam menyelesaikan program pendidikan tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan keberagamaan
mereka.
Ada beberapa kunci yang sering kali digunakan secara rancu, jika
membahas mengenai Pendidikan Agama Islam yaitu :
• Pendidik-an Agama Islam
• Pendidikan Islam, dan
• Pendidikan keIslaman

Kerancuan istilah- istilah tersebut, disebabkan oleh tidak jelasnya konsep dan batasannya Seringkalf ketiga istilah ittt digunakan dengan makna yang sama, dan pada saat lain mengacu pada ma.lma yang berbeda, dan- juga biasanya digunakan, secara " interchangeable", saling dipertukarkan ketidakjelasan dan kerancuan makna dari ketida istilah ini diselaabkan juga pada tujuan akhir yang sama yaitu :Memhn.ntuk mcmusia. muslim yang ideal. Namun demikian,ser.ara operasional sosok muslim yang ideal berbeda makna dalam ketiga istilah tersebut. Sekaitan dengan hal iiu, ketiga istilah akan dijelaskan secara untuk menghindari ketidakjelaskan dan kerancuan makna.



2. Pendidikan Islam adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk membentuk muslim yang idial.
Pendidikan Islam merupakan suatu sistem pendidikan yang dimaksud untuk membentuk manusia muslim sesuai dengan cita-cita pandangan Islam.
Pendidikan Islam memeliki komponen-kornponen atau faktor-faktor pendidikan secara keseluruhan yang mendukung terwujudnya pembentukan muslim yang ideal. Berbeda dengan Pendidikan agama Islam yang lebih menekankan pada nilai-nilai Islam untuk memberu warna pada kualiFkasi lulusan, maka Pendidikan Islam lebih menekankan pada keperibadian muslim yang memiliki kualifikasi tertentu. Dengan demikian, sistem Pendidikan Islam ridak hanya terbatas pada subyek pelajaran Pendidikan Islam, tetapi juga mencakupi seluruh subjek pelajaran serta seluruh komponen atau faktar pendidikan. Bahkan dalam sistem ini, subyek pelajaran pendidikan Agama Islam mungkin tidak diberikan sacara khusus, karena seluruh subyek pelajaran berintegrasi denga.n subyek pelajaran Pendidikan Agama Islam.
DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM ini, dengan harapan semoga artikel PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM » Makalah ,Makalah pendidikan

No comments: