USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA

makalah proposal USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA
PROPOSAL
JUDUL
:
USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) SWASTA DESA DANAU EMBAT KECAMATAN MARO SEBO ILIR KABUPATEN BATANGHARI

A.Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan nyata atau kesehariannya, manusia itu perlu memiliki pengetahuan dalam segala bidang yang berhubungan dengan jati dirinya, seperti tingkah laku dan perbuatan yang dilakukan.

Oleh sebab itu, agar seseorang tidak menyimpang dari norma kesusilaan mengenai perbuatannya, maka diperlukan bimbingan dan arahan untuk mengatasi perbuatan yang dianggap menyimpang atau tidak sesuai dengan norma-norma yang ada. Seperti: kenakalan, tingkah laku yang menyimpang dari norma yang berlaku. Fakta menunjukkan bahwa banyaknya para siswa melakukan tindakan-tindakan yang merugikan bagi dirinya sendiri maupun orang lain.
Untuk mewujudkan semua itu, khususnya dalam mengarahkan siswa sekolah untuk mengatasi kenakalan-kenakalan siswa, maka sangat diperlukan peranan dan dorongan dari semua pihak untuk mengatasi hal tersebut. Terutama peran orang tua atau keluarga serta masyarakat dalam membimbing anak sehingga tidak terjadi penyimpangan tingkah laku menurut norma yang berlaku yang disebut sebagai kenakalan anak.
Tidak terlepas dari itu, peranan kepala sekolah di sekolah sangat menunjang sekali dalam mendidik peserta didiknya, agar terhindar dari bentuk-bentuk kenakalan. Di dalam fungsi sekolah dibutuhkan juga peranan guru dalam mendidik siswa atau peserta didiknya untuk bisa tumbuh dalam jiwa mereka, kesadaran berprilaku yang sesuai dengan norma dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Selain itu, diperlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik itu dari pihak sekolah, para guru, orang tua (keluarga). Bilamana kerjasama ini terwujud, maka akan mempermudah mengarahkan anaknya sekaligus peserta didik (siswa) agar terhindar dari kenakalan remaja khususnya siswa.
Perhatian terhadap kesulitan-kesulitan yang dialami dalam menunaikan tugas ini, teori-teori baru yang membantu warga sekolah untuk menanggulangi kesulitan-kesulitan, gagasan baru untuk organisasi dan struktur situasi sekolah dan akhirnya, beberapa aspek problema dengan keperluan-keperluan mendesak untuk penyelidikan selanjutnya.
Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari. Sekolah ini memiliki siswa yang lumayan banyak. Dengan jumlah siswa yang banyak tersebut, maka banyak pula masalah-masalah yang muncul, hal ini seharusnya diserahkan kepada guru BK untuk menangani masalah yang dihadapi siswa. Tetapi, dalam hal ini kepala sekolah yang bertindak langsung untuk menghadapi siswa yang bermasalah. Kemungkinan yang terjadi disini, yang menjadi guru BK bukan guru yang ahli dibidangnya. Karena setiap ada masalah yang dihadapi para siswa yang mengambil alih adalah kepala sekolah. Kenakalan-kenakalan yang dilakukan siswa seperti: pembolosan pada jam aktif sekolah, perkelahian pada jam pelajaran, main PS pada jam sekolah dan menggunakan atribut selain atribut sekolah (asesoris-asesoris). Semua pelanggaran yang terjadi diambil alih oleh kepala sekolah. Disiplin yang ditegakkan oleh kepala sekolah semakin hari semakin dipertingkatkan untuk kenyamanan proses belajar mengajar. Sehingga, tujuan sekolah dapat tercapai dan juga untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai oleh Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari.
Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari sangat berperan aktif disini dan juga karena sesuai dengan tugas yang diemban sebagai kepala sekolah untuk memulihkan dan mencegah kenakalan yang dilakukan siswa.
Kemudian dari Grand Tour yang dilakukan peneliti pada Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari pada setiap hari efektif pada saat PPL (PKM) tahun 2008, penulis temukan beberapa fenomena-fenomena lain, diantaranya:
1.Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Desa Danau Embat Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari sudah mencapai sekolah yang bertaraf Nasional. Dari hal ini, sekolah sangat meresponsif dengan perubahan yang selaras dengan prestasi yang diemban.
2.Sekolah berada diperbatasan kota, hal ini sangat merespon kepada siswa apa-apa yang terjadi di sekolah-sekolah di kota.
3.Guru bimbingan dan konseling tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dengan keadaan sekolah untuk menangani masalah kenakalan siswa.
4.Masih ada dijumpai guru melakukan kekerasan terhadap anak didik untuk memberi hukuman terhadap siswa yang melakukan pelanggaran.
Siswa di lingkungan sekolah biasanya terdiri dari berbagai macam individu yang berbeda-beda. Dalam kenyataannya sering terjadi hubungan individu dengan individu atau hubungan individu dengan kelompok mengalami ketegangan disebabkan karena terdapat seorang anggota kelompok didalam memeuhi kebutuhan hidupnya mengganggu orang lain.

DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA ini, dengan harapan semoga artikel USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA » Makalah

No comments: