PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
USAHA – USAHA DALAM PENGAJARAN
INDIVIDUAL
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan, seperti sifat sasarannya yaitu manusia mengandung banyak aspek dan sifatnya yang sangat kompleks. Manusia adalah makhluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang. Manusia dengan kedudukannya sebagai peserta didik, haruslah ditempatkan sebagai pribadi yang utuh. Dalam kaitannya dengan kepentingan pendidikan, akan lebih ditekankan hakikatnya manusia sebagai kesatuan sifat makhluk individu dan makhluk sosial. Individua adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perorangan, oknum.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang didinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Jadi anak dibantu oleh guru, orang tua, dan orang dewasa lainnya untuk memanfaatkan kapasitas dan potensi yang dibawanya dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan.
2.1 Macam-Macam Cara Pengajaran Individual
Pengajaran individual akan senantiasa merupakan masalah yang menarik perhatian para pendidik. Sejak lama diketahui adanya perbedaan antara berbagai individu yang tak dapat tiada harus diperhatikan. Maka karena itu macam-macam usaha yang telah dijalankan untuk memenuhi perbedaan individual dalam proses belajar mengajar, antara lain : belajar berprograma (programmed instruction), belajar dengan bantuan komputer (computer-assisted instruction and management), sistem perolehan informasi (information retrieval systems), dan bentuk pengajaran individual lainnya.
DOWNLOAD DISINI
No comments:
Post a Comment