MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN

makalah
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN
KARTU BILANGAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang
Dunia pendidikan Indonesia terus berkembang seiring dngan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga para pelaku pendidikan dituntut untuk terus mereformasi kebijakan kebijakan pendidikan yang selamaini dilaksanakan. Faktor factor yang mempengaruhi perkembangan pendidikan dievaluasi dan disempurnakan seperti kurikulum, sarana, dan prasaranapendidikan, kualitas tenagapendidik.sehingga mutu pendidikan yang selama ini jauh nilainya dari apa yang diharapkan dapat semakin membaik.
Seorang guru dalam proses belajar mengajar tidak hanya dituntut untuk menghabiskan materi saja, akan tetapi seorang guru harus mampu meningkatkan aktifitas belajar siswa.Prayitno (1989), menyatakan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa guru harus mewujudkan proses mengajar yang dapat melibatkan sepenuhnya siswa didalam proses belajar tersebut. Salah satu kemempuan guru yang perlu dituntut untuk keberhasilan proses belajar siswa adalah kemempuan memotivasi siswa untuk belajar, sebab belajar akan lebih mantap dan efektif biladidorong oleh adanya motivasi dari siswa itu sendiri.


Hamalik (2001) berpendapat bahwa motivasi memiliki dua sifat yaitu motivasi instrinsik yakni motivasi yang bersumber dari kebutuhan dan tujuan tujuan siswa sendiri dan motivasi ekstrinsik yakni motivasi yang disebabkan dari luar diri siswa. Siswa akan termotivasi dalam belajar jika lingkungan belajar dapat memberikan rangsangan sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam pembelajaran salah satu hal yang dapat dilaksanakan guru untuk dapat menimbulkan keinginan dan minat siswa untuk belajar.
Dalam matematika sekarang ini ada topik topik yang disajikan dalam bentuk permainan yang lebih dikenal dengan Permainan Matematika. Ruseffendi dan Darhim(1992),menjelaskan bahwa manfaat permainan dalam pembelajaran matematika adalah untuk menimbulkan dan meningkatkan minat belajar serta menumbuhkan sikap yang baik terhadap matematika.
Selain menumbuhkan minat dan sikap yang baik, Darhim(1992) menyatakan juga permainan matematika berkaitan dengan salah satu atau lebih dengan hal hal berikut :
1.Mengembangkan konsep
2.Untuk latihan ketrampilan
3.Untuk penguatan
4.Untuk memupuk kemampuan pemahaman
5.Untuk pemecahan kemampuan pemahaman
6.Untuk mengisi waktu senggang (hiburan)
Berdasarkan uraian diatas peneliti mencoba melihat sejauh mana pengaruh suatu permainan matematika digunakan dalampembelajaran matematika, dimana permainan yang digunakan adalah Kartu Bilangan Pecahan.
download disini
Terima kasih atas waktunya untuk membaca MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN ini, dengan harapan semoga artikel MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU BILANGAN » Makalah ,Makalah pendidikan

No comments: