upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba

Promotif
Disebut juga program preemtif atau program pembinaan. Program ini ditunjukan kepada masyarakat yang belum memakai narkoba, atau bahkan belum mengenal narkoba. Prinsipnya adalah dengan meningkatkan peranan atau kegiatan agar kelompok ini secara nyata lebih sejahtera sehingga tidak pernah berpikir untuk memperoleh kebahagian semu dengan memakai narkoba.

Bentuk Program: Pelatihan, dialog interaktif, dan lain-lain pada kelompok belajar, kelompok olahraga, seni budaya, atau kelompok usaha (tani, dagang, bengkel, koperasi, kerajinan, dan lain-lain).
Penekanan dalam program preemtif adalah peningkatan kualitas kinerja agar lebih bahagia dan sejahtera. Pengenalan terhadap masalah narkoba hanya peringatan sepintas lalu.
Pelaku program promotif yang paling tepat adalah lembaga-lembaga kemasyarakatan yang difasilitasi dan diawasi oleh pemerintah.

Preventif
Disebut juga program pencegahan. Program ini ditunjukan kepada masyarakat sehat yang belum mengenal narkoba agar mengetahui seluk beluk narkoba sehingga tidak tertarik untuk menyalahgunakannya.
Selain dilakukan oleh pemerintahan (instansi terkait), program ini juga sangat efektif jika dibantu oleh instansi-instansi lain, termasuk lembaga profesional terkait, lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, ormas, dan lain-lain.

Bentuk Kegiatan:
1)Kampanye anti Penyalahgunaan Narkoba
Program pemberian informasi satu arah (monolog) dari pembicaraan kepada pendengar tentang bahaya pemakaian narkoba. Kampanye bersifat memberi informasi satu arah tanpa tanya jawab. Biasanya hanya memberikan garis besar, dangkal, dan umum. Informasi disampaikan oleh tokoh masyarakat, bukan oleh tenaga profesional. Tokoh tersebut bisa ulama, pejabat, seniman, dan sebagainya.

Kampanye anti penyalahgunaan narkoba dapat juga dilakukan melalui spanduk, poster, brosur, dan baliho. Misi yang disampaikan adalah pesan untuk melawan penyalahgunaan narkoba, tanpa penjelasan yang mendalam atau ilmiah tentang narkoba.
DOWNLOAD DISINI
Terima kasih atas waktunya untuk membaca upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba ini, dengan harapan semoga artikel upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba » Makalah

No comments: