Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Model

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang
Dengan Menggunakan Alat Peraga Model

BAB I
PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG MASALAH
Hasil belajar merupakan salah satu penentu keberhasilan siswa dalam belajar yaitu: memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru.

Proses belajar mengajar matematika di sekolah dasar. Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan suatu perubahan pada diri seseorang. Melihat berbagai teori belajar yang berkembang sampai saat ini, Marzano, dkk (1993:11) merumuskan peristiwa belajar sebagai proses yang erat kaitannya dengan proses berpikir. Proses belajar menurut ketiga ahli tersebut memiliki lima dimensi.
Dimensi pertama adalah sikap dan persepsi yang positif mengenai belajar. Dimensi kedua adalah memperoleh dan mengintegrasikan pengetahuan. Dimensi ketiga adalah memperjelas dan memperbaiki pengetahuan. Dimensi keempat adalah menggunakan pengetahuan secara bermakna.
Dimensi kelima adalah kebiasaan yang produktif dari pikiran kelima dimensi tersebut merupakan unsur pokok didalam belajar.
Proses belajar mengajar merupakan proses yang dilakukan oleh guru dan siswa, dalam melakukan sesuatu kegiatan pembelajaran, guru melaksanakan tugas sebagai pendidik dan menyampaikan ilmu-ilmunya kepada siswa, sedangkan siswa mengolah informasi yang diperolehnya dari guru dalam proses kegiatan pembelajaran. Menurut Fontana, (1981:147) pengajaran mengandung pengertian proses perubahan yang relatif tetap dalam perilaku individu sebagai hasil dari pengalaman.
Pembelajaran matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang dewasa ini telah berkembang amat pesat, baik materi, maupun kegunaannya. Dengan demikian maka setiap upaya penyusunan kembali atau penyempurnaan kurikulum matematika sekolah dasar perlu selaku mempertimbangkan perkembangan-perkembangan tersebut. Pengalaman masa lalu serta kemungkinan masa depan.
Ingin lebih lengkap silahkan download :
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa


Terima kasih atas waktunya untuk membaca Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Model ini, dengan harapan semoga artikel Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Model ini bermanfaat adanya. Dan mohon maaf jika pada artikel Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Model terdapat kesalahan atau kurang memuaskan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke Wani pada lain kesempatan

Artikel Terkait : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Model » Makalah ,Makalah pendidikan

2 comments:

nuranuraniku.blogspot.com said...

salam sobat
artikelnya mantap sobat
Mba DINNI pengajar ya,,di sekolah mana mba?
menggunakan alat peraga model,, seperti apa ya,,maklum kurang gaul nich di sana.

Wani said...

makasih mbak Nura, maksudnya kita mengajar anak-anak dengan mempraktekkannya dengan menggunakan alat peraga misalnya, gambar, vidio, dan banyak lagi alat-alat tambahan lainnya, gitu;-)